Upaya Peningkatan Minat Belajar Pada Anak Di Rumah



Betapa cemasnya orang tua yang sudah mulai menemukan beberapa kendala ketika anaknya sudah tidak lagi menampakkan minat belajarnya. Kita sebagai orang tua tentu ingin memiliki anak-anak yang berprestasi dan juga pintar. Hanya saja semua harapan itu tidaklah mudah untuk kita dapatkan tanpa melalui proses yang tepat. Kita janganlah lupa bahwa kebutuhan anak-anak adalah bermain, hanya saja kita juga jangan lalai.

Berikut ini beberapa cara meningkatkan minat belajar pada anak di rumah, yaitu :

  • Hak Anak Adalah Bermain, sebagai orang tua, kita harus menyadari bahwa kebutuhan anak-anak kita adalah bermain. Oleh karena itu janganlah kita membebani pelajaran yang berat bagi anak-anak. Sebaiknya anak-anak bisa menikmati kesempatan bermain, sambil belajar. Oleh karena itu orang tua juga harus kreatif dalam menentukan teknik belajar yang menarik untuk anak-anak. Semua diawal dari kegiatan sehari-hari di rumah. Dengan keberhasilan orang tua melaksanakan teknik yang tepat, maka anak-anak tentu saja akan dapat menumbuhkan bakat dan minatnya sendiri.  Kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan menggunakan metode bermain, bernyanyi, bercerita, menggambar, tebak-tebakan, dll. Orang tua pun harus jeli melihat kenyataan di lapangan ketika mengajak anak belajar sambil bermain. Ketika anak-anak sudah tampak kurang semangat, maka orang tua harus berpikir kritis untuk melakukan kreatifitas lebih lagi.
  • Tidak Memaksa Anak Belajar. Sering kali orang tua tanpa sadar cenderung memaksa anaknya untuk mau belajar. Bahkan orang tua pun ada yang melakukan berbagai metode untuk meningkatkan minat anak belajar. Misalnya dengan memberikan hadiah untuknya. Keegoisan orang tua demi memiliki anak yang cerdas dan berprestasi rela melakukan segala cara. Jangan pernah mengatakan pada anak bahwa jika mereka mau belajar maka cita-cita yang terbaik pasti akan terwujud. Bunda, setiap sesuatu yang sifatnya memaksa akan membuat anak kita terbebani dan kurang suka dengan apa yang sudah kita lakukan. Orang tua harus memahami bahwa minat belajar anak akan tumbuh jika anak bisa bahagia. Pahamilah proses yang baik tentu akan menghasilkan hal yang terbaik pula. 

Jadi dengan demikian, solusi yang terbaik untuk meningkatkan minat belajar pada anak adalah terletak pada prosesnya. Sejauh apa orang tua peduli dengan proses yang perlu mereka lakukan untuk anak-anak mereka. Janganlah lupa bahwa anak-anak kita masih membutuhkan bermain dalam kesehariannya. 

Komentar

  1. Artikel dua tahun lalu. Tapi masih sesuai dengan kondisi sekarang, dimana anak-anak harus menjalani home learning. Keren bu

    BalasHapus
  2. Mantap mantap banget artikelnya

    BalasHapus
  3. Sangat menarik untuk dibaca, terlebih sesuai situasi saat ini disaat anak belajar di rumah.


    jangan lupa berkunjung balik ke blog saya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer